Meetup Offline 2: Dasar-dasar Engine Game Unity

Kamis, 7 February 2019, sebagai rangkaian bentuk program kerjasama Samsung, Decoding dan BSS UB yang brrupa Samsung Snart Kearning Class (SSLC), mengadakan pelatihan dasar pembuatan game berbasis engine pihak ketiga, Unity.

Pelatihan diikuti oleh siswa SMP, SMA dan beberapa guru BSS UB, dengan pemateri Samsung Developer Warrior Orlando Nandito Nehema.

Tujuan diadakan pelatihan adalah mengenalkan cara pembuatan game kepada siswa dan guru, bahwa membuat game itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Selain itu, juga diharapkan, setelah pelatihan, siswa dan guru dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat di bangku sekolah dalam bentuk game.

Sehingga tidak hanya meningkatkan ketrampilan sang pembuat, namun ilmu yang disematkan, dapat dibagi atau dinikmati orang atau anak-anak lain.

Pelatihan berjalan dengan baik dan menyenangkan. Hal ini terlihat dari antusias peserta yang sangat interaktif mempraktekkan materi apa yang disampaikan.

Berikut ini adalah screenshot jalannya pelatihan tersebut:

Selain kelas offline, Samsung dan Decoding mengadakan kelas lanjutan, yang berupa kelas online yang diadakan satu kali pertemuan tiap minggunya.

Kelas ini berisi tutorial online, pembuatan game 2D dengan Construct dan Unity.

Sayangnya kelas ini akan berakhir bulan Maret 2019 dan diharapkan sudah dapat mencetak satu siswa calon developer yang mampu membuat game sendiri.

Bagi siswa BSS UB yang ingin ikut bergabung dikelas online dapat join terlebih dahulu di Google Classroom dengan kode.

Segala informasi, pengumuman, tutorial, materi dan tempat terkait kelas online Decoding, akan diupdate tiap minggunya pada kelas Google tersebut.

Dan diharapkan pelatihan semacam ini dapat meningkatkan ketrampilan siswa dibidang komputer dan Teknologi Informasi (IT).

Leave a Reply