BRAWIJAYA SMART SCHOOL

Jl.Cipayung No 8-10 Malang

SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL (BSS) ASAH JIWA SENI DALAM TEATER KEPAHLAWANAN

SMA BRAWIJAYA  SMART SCHOOL (BSS)

 ASAH JIWA SENI DALAM TEATER KEPAHLAWANAN

Banyak cara untuk bisa mengasah keterampilan dalam seni. Seperti  yang dilakukan SMA Brawijaya Smart School (BSS) contohnya. Mereka mengadakan satu event yang diadakan untuk siswa-siswi kelas X dan XI dalam beberapa bidang seni di ajang Festival Opera kelas X dan XI  (FOXXI) 2018. Kegiatan ini menampilkan sekitar 12 penampilan yang terdiri dari 6 kelas X dan 6 kelas XI. Mereka menampilkan pertunjukan teater yang digabung dengan beberapa seni lainnya.

“FOXXI ini baru pertama kali kami lakukan. Dengan tujuan agar para siswa dikelas X dan XI kreatifitasnya bisa berkembang. Beberapa seni yang ditampilkan adalah seni rupa, seni musik, seni drama dan tari. Semua itu menjadi satu dalam penampilan mereka,” terang Ketua Pelaksana FOXXI 2018 Andrean Fahreza.

Pria yang juga menjabat Waka Kesiswaan SMA BSS mengatakan bahwa pemilihan tema ARTISTHERO(SE) ini bermakna seperti penampilan artis yang menjadi pahlawan dan penampilan yang sungguh-sungguh dari para siswa.

“Ada dua arti dari tema itu. Pertama artis hero, yang berarti para artis, yakni siswa siswi yang berperan menjadi tokoh pahlawan. Dan art is the rose, atau seni adalah sebuah bunga mawar. Artinya jika pertunjukan ini tidak diolah dengan baik dan sungguh-sungguh, maka hasilnya akan “tertusuk duri`”. Atau diartikan hasil kurang maksimal,” terangnya.

Pemilihan tema sendiri juga tidak sembarangan. Arahan dari guru kesenian dan guru sejarah tentunya menjadi pilihan untuk mengarahkan alur cerita tiap pementasan. Karena secara keseluruhan penampilan mengarah ke tema kepahlawanan contohnya seperti pementasan Jenderal Sudirman. Perang Diponegoro, Suryo Nuswantara, Habis Gelap Terbitlah Terang, dan penampilan kepahlawanan lainnya. “persiapannya memakan waktu delapan bulan untuk menguasai naskah hingga peran tiap orangnya,” tandas andre.

Turut hadir dalam acara ini yakni dari Kepala SMA BSS Nandung Intirtama Dip Ed MPd, Direktur BSS Dr.Sugeng Rianto MSc, untuk bersama-sama membuka event FOXXI ini. Selain memberikan penampilan terbaik mereka, para siswa juga akan mendapatkan penghargaan. Beberapa piagam diberikan kepada mereka yang terpilih dari Sembilan kategori. Sedangkan untuk kelompok akan dipilih untuk penentuan terbaik 1,2, dan 3.