BRAWIJAYA SMART SCHOOL

Jl.Cipayung No 8-10 Malang

Idul Adha

10 - 01 - 2015 admin Berita, Uncategorized

Idul Adha (di Republik Indonesia, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, ketika mau menggolok leher putranya digantikan oleh-Nya dengan domba.
Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan sholat Ied bersama-sama di masjid/tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah sholat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.
Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.

Brawijaya Smart School pada tanggal 12 September 2016 (10 Dzulhijjah 1437H) melaksanakan Sholat Idul Adha di Brawijaya Smart School dilapangan SMA Brawijaya Smart School dihadiri para siswa guru dan karyawan serta UPT Brawijaya Smart School, kegiatan sholat Idul Adha dimulai pukul 06.15 WIB dan sebagai imam dan khotib DR.H. Abdul Malik Karim Amrullah.

img_2567

dan pada hari Selasa 13 September 2016  dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban sejumlah 3 Sapi dan 15 Kambing hasil sumbangan dari Siswa Children Center, SD, SMP dan SMA Brawijaya Smart School Serta Guru, Karyawan dan UPT. Hasil pemotongan hewan kurban didistribusikan ke warga sekitar lingkungan Brawijaya Smart School.

img_2611 img_2587 img_2630

Brawijaya Smart School juga melaksanakan Bakti Sosial ke desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang pada Rabu 14 September 2016 yang ditujukan pada 5 Masjid/Musholla. di desa Sukodadi penduduk beragama islam juga masih tergolong sedikit mayoritas penduduk disitu adalah beragama hindu dan masyarakatnya tergolong kurang mampu, Brawijaya Smart School menyumbangkan 12 kambing yang di bagi di 5 masjid tersebut. Brawijaya Smart School juga bermaksud untuk melestarikan agama Islam di daerah tersebut.

img_2671  img_2690

 

 

Download this article as an e-book